Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Makam Eyang R. Tumenggung Surabrata, Bupati Ponorogo Ke Sepuluh Di Obrak-Abrik Orang Tak Di Kenal


Ponorogo ll Lawutv.com- Dengan adanya kabar dari keluarga RT. Surabrata, bahwa makam R. Tumenggung Surabrata yang berada di samping Makam utama Eyang Bhatara Katong itu team media langsung menuju ke lokasi makam. Dan benar, sungguh memprihatinkan melihat beberapa makam yang tampak kondisinya rusak dan diduga di lakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Jumat, ( 2/8/24 ).

RT. Surabrata merupakan bupati Ponorogo kesepuluh yang memberikan Kerbau Bule ke Keraton Surakarta dan leluhur dari bupati-bupati Ponorogo, seperti KRMA. Suradiningrat, RT. Djayengrana II, KRMA. Mertahadinegara, dan RM. Sasrakusuma.
 
Adanya kejadian pengrusakan makam ini, kami awak media melihat di lokasi merasa ada yang aneh, karena tidak sesuai dengan kabar photo yang di beritahukan. Dan beberapa batu nisan yang di rusak sudah dalam kondisi di kembalikan seperti semula.

Sunarso sebagai tokoh budayawan Ponorogo saat di temui  yang kebetulan berada di Makam Eyang Bathara Katong mengatakan bahwa, "Iya bener mas, tadi itu kita sama-sama mengetahui setelah ada kabar habis Sholat Jum'atan. Dan melihat sebagian batu nisan yang dalam kondisi acak - acakan maka, kami bersama teman teman membenahiya dan kami akan memperbaiki seperti semula, " ungkapnya.

Lebih lanjut Sunardi sebagai juru kunci makam Bathara Katong saat di temui belum bisa dimintai keterangan di karenakan banyaknya peziarah dari luar kota. Sedangkan Bu Lurah juga belum bisa mengkonfirmasi kronologi kejadian. Dihimpun dari beberapa sumber dan informasi masyarakat yang tidak mau disebut namanya, bahwa kejadian pengrusakan makam itu sudah ada tiga Mingguan yang lalu. Karena bukan kapasitas saya maka saya tidak berani ikut campur mas, " kata salah satu warga.

Sampai berita ini di turunkan dari  beberapa pihak terkait belum mengetahui siapa pelaku dan apa motif dan tujuanya. 
Reporter : Khus_Reog.

Posting Komentar

0 Komentar