Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Tahun Baru Islam Kota Madiun Gelar Pawai Ta'aruf

LAWUTV.COM || MADIUN - Memperingati tahun baru islam 1 Muharram 1446 Hijriyah ribuan pelajar jenjang MI, SMP, MTsN dan MAN di Kota Madiun mengikuti pawai ta'aruf dengan mengenakan kostum bernuansa islami. 

Pawai ta'aruf tahun ini merupakan hasil kolaborasi antara pemerintah kota Madiun dengan kementerian agama kota Madiun. Acara dipusatkan di Edu Park Ngrowo Bening, Kota Madiun, Kamis (18/7/2024). Pawai ta'aruf ini mengambil rute start dari edu park Ngrowo Bening Madiun menuju ke Jalan Abdurrahman Saleh, kemudian ke Jalan Mastrip, Jalan Panglima Sudirman, Kenari, Jalan Wuni, Jalan Kemiri, Jalan Kapten Saputro, Jalan Manggis, dan finish di Ngrowo Bening.

Eddy Supriyanto Pj Walikota Madiun mengatakan, pawai ta'aruf ini digelar untuk mengedukasi pelajar terkait makna tahun baru islam. Hal ini kata Eddy sebagai ajang untuk mempererat silaturahmi, syi'ar agama, serta menjaga persatuan, dan kerukunan demi mewujudkan Indonesia Emas untuk Nusantara Maju.

"Dengan adanya kegiatan ini kita ingin menanamkan nilai-nilai islami, nilai kebaikan kepada anak-anak. Termasuk Kerukunan, kebersamaan, menjaga kebaikan, karena mereka nanti akan menerima estafet para pemimpin saat ini, makanya mereka kita siapkan akhlaknya, karakternya dan potensinya," kata Pj Wali Kota.

Sementara itu Munir Kepala Kementerian Agama Kota Madiun mengungkapkan, melalui pawai ta'aruf ini, para pelajar mampu memaknai hijrah sesungguhnya. Disamping itu juga sebagai bentuk evaluasi dan instrospeksi diri, agar lebih baik dari tahun sebelumnya. 

"Itu adalah prinsip yang diajarkan rasullullah saw. 1 Muharram itu karena bertepatan dengan hijrah maka banyak sekali maknanya, tapi pada intinya, perubahan atau hijrah disini adalah hijrah dalam rangka menuju kebaikan, jadi apapun itu baik semangatnya, maupun hal-hal lain menuju kebaikan," pungkasnya. (*)

Posting Komentar

0 Komentar