Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Peringatan Hari Koperasi : PJ Bupati Magetan Dukung UMKM Untuk Kesejahteraan Masyarakat



lawutv.com Magetan - Dalam rangka memperingati Hari Koperasi ke-77, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Magetan mengadakan apel besar dan olahraga bersama di kampus 5 Unesa. PJ Bupati Magetan, Hergunadi, dalam sambutannya menegaskan bahwa koperasi di Magetan telah berhasil bersinergi dengan UMKM, terutama dalam menghadapi masa sulit pandemi Covid-19. "UMKM di Magetan beroperasi di berbagai sektor dan membutuhkan permodalan, informasi, dan akses pasar. Koperasi menjadi jaringan yang mendukung kebutuhan tersebut," ujarnya setelah memberangkatkan gerak jalan sehat.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Magetan, Kartini, mengungkapkan bahwa berdasarkan data BPS, terdapat 150.000 UMKM dan 856 koperasi di Kabupaten Magetan. Dari jumlah tersebut, 521 koperasi masih beroperasi dengan sehat, sementara lebih dari 300 koperasi berada dalam pengawasan dinas karena kondisinya tidak sehat. "Koperasi yang tidak sehat disebabkan oleh omset yang stagnan, tidak adanya kegiatan, dan tidak melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT)," jelasnya.

Karena tidak sehat dalam menjalankan kegiatannya, Dinas Koperasi dan UMKM Magetan mengusulkan pembubaran 121 koperasi. "Kami sudah mengusulkan ke kementerian untuk penghapusan 121 koperasi karena meski memiliki izin, usaha mereka tidak berjalan," tambahnya.

Melalui kegiatan apel besar dan jalan santai ini, Kartini berharap dapat mengedukasi generasi muda tentang pentingnya koperasi dalam mendukung perekonomian di Kabupaten Magetan. "Kami berharap banyak peserta dari generasi muda yang menyadari bahwa koperasi dapat mendukung perekonomian dan kesejahteraan masyarakat," pungkasnya.( Dik)

Posting Komentar

0 Komentar