Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Modus Tipu - Tipu Mencatut Nama PJ Sekda Kabupaten Magetan

LAWUTV.COM || Magetan - Nama Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Drs. Hermawan, M.Si , dicatut oleh seseorang untuk melakukan aksi penipuan melalui aplikasi perpesanan WhatsApp. Masyarakat pun diminta untuk lebih hati-hati saat menerima pesan yang mencurigakan.

Pelaku menggunakan aplikasi WA dengan nomor telepon +62896-0687-2400 dan menyertakan foto profil wajah Pj. Sekda Magetan, Hermawan.

Dalam salah satu pesan yang dikirim, penipu itu memperkenalkan diri sebagai Pj. Sekda Magetan, Hermawan. Selanjutnya, penipu tersebut menyamaikan akan menyalurkan amanah donasi untuk Panti Asuhan Islamiyah. Bahkan pelaku juga mengirim bukti Transfer ke seseorang agar si calon korban bertambah yakin.

Nomor yang dipakai pelaku diduga kuat kerap melakukan aksi penipuan. Hal itu terlacak dari hasil penelusuran aplikasi Getcontact.

“Sudah kami cek juga konfirmasi kepada beliau, Pak Sekda. Bahwa nomor tersebut bukan milik Pj. Sekda Magetan ,” kata tim Lawutv.com , Rabu (26/6/2024).

Sore tadi sekitar jam 18.00 ada seorang guru sekaligus pengurus yayasan menghubungi wartawan LawuTV mengatakan bahwa ada temanya yang di telepon mengatasnamakan PJ sekda Magetan untuk memberikan bantuan sejumlah uang untuk di transfer, padahal itu tipu muslihat. Tim Lawutv.com menghubungi melalui via telpon kepada Pj. Sekda Magetan "bahwa tidak benar apa yang disampaikan.Pj tidak pernah bertransaksi atau mengirim sejumlah uang", Akhirnya guru tersebut segera berkomunikasi dengan seseorang yang hampir tergiur dengan telpon dan wa PJ gadungan tersebut. Alkhdulilah teman kita selamat mas, kata Sri salah satu pengurus Yayasan Widhama Magetan. 
Modus yang digunakan pelaku untuk menipu korbannya yaitu dengan mengirim pesan kepada calon korbannya. Dari modus tersebut pelaku sudah memilih calon korbannya. Hal ini terlihat dari pelaku mengetahui nama calon korbannya.

Dalam pesan yang dikirim, pelaku menyampaikan akan menyalurkan amanah donasi untuk Panti Asuhan Islamiyah.

Hermawan Menambahkan “Kami mengimbau kepada masyarakat untuk waspada saat mendapati pesan dengan modus yang sama, cek dulu kebenaranya. Prinsipnya hati-hati,” kata dia.( Red )

Posting Komentar

0 Komentar