Hot Posts

6/recent/ticker-posts

RSUD Sayidiman Magetan Tingkatkan pelayanan Rontgen dengan Digital Radiologi Xray



Lawutv.com– RSUD Sayidiman Kabupaten Magetan meningkatkan kualitas pelayanan rontgen dengan melakukan pengadaan digital radiology  xray.  Lely Dwi Ambarwati Kepala Ruangan Rondgent Digital RSUD Sayidiman Magetan mengatakan, keberadaan rontgen digital sangat menunjang operasional pelaksanakan rontgen untuk mengidentifikasi sakit atau gangguan kesehatan dari pasien agar diagnosis terhadap penyakit yang diderita pasien lebih akurat. Dengan akurasi analisa dari awal, maka tindakan medis yang diambil oleh dokter akan lebih akurat untuk membantu penyembuhan pasien. “Hasil dari Digtal Radioloty X Ray atau DR ini  lebih detail, kontras resolusion, secara detail gambar,  secara image radiograf sangat mudah dilakukan analisa karena untuk hasil diagnostic radiologi sangat menunjang untuk dilakukan diagnose lebih lanjut. Hasil tersebut sangat membantu dokter lain untuk menentukan lagkah penanganan pasien  dari hasil radiologi tersebut,” ujarnya ditemui di ruang kerjanya .
Lely menambahkan, peralatan DR X Ray yang dioperasikan sejak tanggal 16 Juli lalu juga bisa melakukan pemeriksaan pengukuran kemiringan tulang belakang secara menyeluruh. Karena sbeelumnya untuk mengetahui kemirinagn tulang belakang dibutuhkan beberapa kali proses pengambilan radiografi. “ Dioperasiakn sejak 16 Juli kemarin. Dengan peralatan ini kita bisa melaksanakan pemeriksaan pengukuran kemiringan tulang belakang atau skoliosis bisa dilakukan seklaigus dari tulang belakang leher sampai ke bagian tulang bekalang bawah bisa tercover. Dulu nggak bisa,” imbuhnya. 
Operasional peralatan medis DR X ray menurut Lely juga lebih simple dan mudah dengan sejumlah fitur yang sangat membantu petugas medis mempersingkat waktu pengambilan radiografi. Hal tersebut menunjang efisiensi waktu sehingga lebih banyak pasien yang terlayani. “Bedanya DR  lebih cepat, menu operasional lebih simple, hasil DR akurasinya lebih baik. Di alat lama kita membatasi hanya 10 sampai 15 pasien, tapi dengan DR ini tidak ada pembatasan jumlah pasien untuk melakukan radiografi,” Ucapnya.
Dari sisi keamanan terhadap paparan radiasi terhadap tenaga kerja maupun pasien juga sangat terkontorl karena ada rekam jejak digital jumlah dosis radiasi yang diterima petugas medis mapun pasien. Hal tersebut sangat menunjang terhadap keamanan kesehatan dari pasien maupun dari petugas medis. “ Proteksi radiasi bisa diketahui secara akurat, berapa dosis radiasi yang diterima pasien mapun petugas karena terecord secara digital. Secara proteksi radiasi atau keselamatan kerja untuk pasien dan petugas terecord.  Untuk pasien, kita bisa awasi bahwa dosis yang diterima pasien tidak melampaui dosis NBD atau dalam batas dosis yang diterima pasien, kita bisa mengawasinya,” jelasnya. 
Selain efisiensi waktu, keberadaan DR X Ray di RSUD Sayidiman juga turut membantu mempercepat penanganan terhadp kondisi pasien karena akurasi hasil radiografi sangat detail. Hasil radiografi yang dilaksanakan merupakan langkah awal yang penting untuk menentukan tindakan medis bagi pasien. Keberadaan DR X Ray sangat dibutuhkan masyarakat untuk melakukan medical chek up baik oleh anggota DPRD Kbaupaten Magetan,  perusahaan swatas atau DCU CPNS yang jumlahnya ratusan. Efisiensi dan akurasi dari DR X ray bisa meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di RSUD Sayidiman Magetan. (Gus)

Posting Komentar

0 Komentar