Hot Posts

6/recent/ticker-posts

E Voting Pilkades Magetan terbukti mempercepat jalanya Proses pemilihan Calon Kepala Desa : rata - rata 85-90% kehadiran masyarakatnya dalam menggunakan Hak suaranya.



Lawutv.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Magetan klaim tingkat partisipan masyarakat dalam e voting pemilihan kepala desa di 30 desa cukup tinggi. Kepala Dinas PMD Kabupaten Magetan Eko Muryanto mengatakan, kehadiran masyarakat rata rata per desa mencapai 85 hingga 90 persen. “ Animo masyarakat cukup tinggi, ini terbukti dari tingkat kehadiran masyarakat ini rata rata 85 sampai 90 persen, Menurut saya ini tingkat kehadiran yang cukup tinggi,” ujarnya. 
Eko Muryanto menambahkan,  ketidak hadiran masyarakat yang mencapai 10 hingga 15 persen disebabkan oleh domisili masyarakat yang berada di luar kota untuk bekerja maupun sekolah sehingga pelaksanaan pemungutan suara yang dilaksanakn bukan pada  hari libur membuat mereka kesulitan untuk hadir dalam pemungutan suara pilkades secara e voting. “ Kemudian ketidak hadiran karena ini dikarenakan penduduk desa tersebut berada diluar kota dan tidak memungkinkan kembali,” imbuhnya.
Eko Muryanto mengatakan, meski kehadiran cukup tinggi namun sejumlah permasalahan seperti panitia penyelenggara di sejumlah desa yang kurang memahami system maupuan aturan yang harus diterapkan membuat pelaksanaan pilkades e voting mengalami kendala seperti kendala tekhnis terkait scand barcode, lambannya pelaksanaan karena panitia melaksanakan pendaftaran secara manual serta kendala tekhnis terkait penggunaan kertas untuk print out yang bermasalah. “Ada beberapa desa masuyarakatnya datang jam 1 lebih sehingg akan ditutup itu jadi antrian yang panjang. Sementara kejadian di Ngujung lama karena kita sudah pakai aplikasi DPT, tapi di desa tersebut masih melakukan secara manual,” ucapnya.

 Data Kepala Desa yang Terpilih dari 30 Desa
Meski mengalami sejumlah kendala namun pelaksanaan pemilihan kepala desa di 30 desa secara e voting secara penyelenggaraan cukup sukses karena tidak ada permaslasahan dan klaim permasalahan penghitungan suara yang dilakukan oleh kepala desa yang bertarung. Hal tersebut menunjukkan tingginya kepercayaan masyarakat dan  calon kepala desa yang bertarung kepada pelaksanaan pemilihan secara e voting.("")

Posting Komentar

0 Komentar