Hot Posts

6/recent/ticker-posts

HADIRI SEDEKAH BUMI DI TIRON, BUPATI KAJI MBING AJAK MASYARAKAT PELIHARA KERUKUNAN

LAWUTV.COM || MADIUN - Tak seperti biasanya, warga Dusun Kuwek, Desa Tiron Kabupaten Madiun hari ini begitu gembira. Pasalnya dalam perayaan sedekah bumi yang digelar, turut dihadiri langsung oleh Bupati Madiun H. Ahmad Dawami. 

Perayaan sedekah bumi yang merupakan wujud rasa syukur masyarakat tersebut digelar dengan kirab hasil bumi yang dikemas apik membentuk gunungan. Sejumlah tokoh masyarakat juga kompak mengenakan pakaian lurik jawa serta pakaian adat dan ormas yang ada. 
"Jadi tadi saya sampaikan bahwa visi negara itu yang pertama menjadi bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur. Tugas kita adalah membuat masyarakat bersatu, supaya bisa bersatu acara-acara seperti ini harus sesering mungkin dilakukan utamanya di bulan Agustus bahwa kita tidak bisa hidup sendiri, bahwa kita adalah makhluk sosial, tidak mungkin hidup tanpa orang lain," kata Bupati Madiun yang akrab disapa Kaji Mbing itu.

Menurutnya kegiatan yang mengumpulkan masyarakat seperti itu harus sesering mungkin dilaksanakan karena bisa menciptakan rasa kerukunan antar warga. Dengan terpeliharanya rasa kerukunan maka proses pembangunan di desa maupun masyarakat akan mudah 

"Kalau kerukunan masyakarat sudah tercipta maka kalau kita ingin membangun desa, RT, RW gampang, karena masyarakat sudah tidak lagi cuek dan merasa memiliki," jelasnya.

Kaji Mbing juga mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Madiun, di bulan Agustus saat ini adalah momentum untuk mengenang dan meneladani perjuangan para pahlawan. Meskipun tidak ikut langsung berperang pada masa silam, menjadi tanggung jawab seluruh warga Indonesia untuk mengisi kemerdekaan dengan kegiatan yang positif.
Pada hari yang sama tersebut, Sedekah Bumi di Desa Tiron tidak hanya dilakukan di Dusun Kuwek saja tetapi ada empat dusun yang secara bersama sama melakukan kirab sedekah bumi dengan waktu yang berbeda. Mereka mengarak hasil bumi sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa menuju pepunden. (Dik)

Posting Komentar

0 Komentar