Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Bahaya Penyalahgunaan Narkoba Bagi Generasi Muda, Yayasan PANNA DPW Jatim Gelar Penyuluhan P4GN dan Tes Urine Di SMA 17 Agustus (SMATAG)




Lawutv.com SURABAYA Permasalahan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, telah mengancam seluruh lapisan di seluruh penjuru negeri, termasuk di segmen lingkungan pendidikan di tanah air kita. Berdasarkan hasil Survei penyalahgunaan narkoba tahun 2018 oleh BNN dan LIPI, tren penyalahgunaan narkoba di kalangan lingkungan pendidikan cukup tinggi. Karena itulah BNN, melalui yayasan pergerakan anti narpza (PANNA) Jatim, melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Penggiat Anti Narkoba Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN)," Jumat (25/8/2023).

Melalui kegiatan ini digelar di Aula lantai V, SMA 17 Agustus (SMATAG), para penggiat anti narkoba dibekali berbagai materi tentang masalah narkoba dan penanggulangannya. Dengan harapan, nantinya mereka terampil dalam upaya P4GN dalam rangka mewujudkan lingkungan pendidikan yang ‘bersinar’ atau bersih dari narkoba.

"Dalam pembukaan kegiatan tersebut, pada jumat 25 agustus 2023,  BNNP Jatim, Drs. Arief Praharanto, S.,Kom,,MM, mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman bagi para penggiat anti narkoba guna mensinergikan program pemberdayaan masyarakat dalam upaya P4GN.
“Kami mengajak seluruh siswa - siswi kelas X 1 - X 5, dibawah naungan Bapak Dr. Prehantoro, S.pd,,S.H,,MH, selaku kepala sekolah SMA 17 Agustus (SMATAG) Surabaya, untuk melakukan penyuluhan dan tes urine sebanyak 152 siswa dan Alhamdulillah hasilnya Negatif," Imbuhnya.

pemangku kebijakan di lingkungan pendidikan untuk bersama-sama menjalani kemitraan dan menumbuhkan komitmen yang kuat dalam menekan tingkat penyalahgunaan narkoba,” ungkapnya.

Lanjut Tri Arief menambahkan, bahwa lingkungan pendidikan merupakan mitra strategis dalam penanganan narkoba, terutama di kalangan anak muda, sehingga diharapkan peran guru, dosen dalam membentuk sikap, pengetahuan dan keterampilan sehingga dapat mengimplementasikan P4GN secara mandiri dan berkesinambungan.

“Di bidang pendidikan, upaya pencegahan bisa dilakukan dengan menyiapkan materi anti narkoba pada mata kuliah atau pelajaran, dengan tujuan untuk meningkatkan kewaspadaan pelajar dan mahasiswa akan bahaya narkoba,” imbuhnya.

Kepada para yayasan PANNA jatim penggiat anti narkoba, BNNP Peran Serta Masyarakat ini berharap agar para penggiat bisa melakukan upaya maksimal baik dari segi pencegahan, pemberdayaan masyarakat, rehabilitasi, hingga pemberantasan sesuai dengan porsi dan kapasitasnya masing-masing.

“Penggiat diharapkan nantinya bisa memberikan pemahaman, karena sentuhan tenaga penggiat seperti para guru ini lebih besar peluangnya untuk lebih didengarkan oleh para siswa - siswi,” Pungkasnya.(dw)

Posting Komentar

0 Komentar